Senin, 08 Februari 2016

Resep Bubur Ayam Cina Spesial

[ad_1]

Cara Praktis Belajar Membuat Bubur Ayam Cina


Bubur ayam sering jadi menu andalan ketika ingin menikmati makanan dengan cara yang santai. Teksturnya yang lembut memang membuat Anda tak perlu repot mengunyahnya sehingga makan pun bisa lebih santai.


resep bubur ayam CinaDi Indonesia, menu bubur ayam hampir selalu ada di berbagai daerahnya. Hanya saja, di tiap – tiap daerah ini, tampilan dan rasa bubur ayamnya bisa jadi berbeda. Bahkan, ada pula sebuah menu bubur ayam khas yang resepnya datang dari negeri seberang. Bubur ayam ini dikenal dengan nama bubur ayam Cina.


Secara tampilan, bubur ayam Cina memang terlihat sedikit berbeda dengan bubur ayam biasanya. Perbedaan yang paling tampak terletak pada penambahan kucai pada bubur ayam Cina. Tapi, selebihnya, isi dari bubur ini tak jauh berbeda.


Nah, bagi Anda yang penasaran terhadap resep bubur ayam Cina yang spesial ini, berikut ada rangkumannya untuk Anda.


Bahan yang diperlukan untuk membuat bubur ayam Cina spesial :




  1. 200 gram beras putih (cuci bersih lalu tiriskan)

  2. 200 ml kaldu ayam

  3. 100 gram ayam fillet (tanpa tulang)

  4. 1 sendok teh air jeruk nipis

  5. 1 sendok teh kecap asin

  6. 1 sendok teh garam

  7. ½ sendok teh minyak wijen


Bahan pelengkap:




  1. 2 buah cakwe (iris kecil – kecil)

  2. 2 batang seledri (iris halus)

  3. 2 sendok teh kucai (iris tipis)

  4. Pangsit goreng secukupnya

  5. Kecap asin secukupnya


Cara membuat bubur ayam cina:




  1. Untuk membuat bubur ayam Cina cukup mudah. Pertama – tama, siapkan ayam fillet terlebih dahulu. Lalu, ayam fillet dipotong – potong dan dicuci bersih. Setelah ayam bersih, lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, kecap asin serta minyak wijen. Biarkan dulu sejenak agar bumbu meresap ke dalam ayam.

  2. Selanjutnya, siapkan beras. Beras yang sudah dicuci bersih dan ditiriskan lalu ditumbuk. Tumbuk kasar saja cukup sampai bulir – bulirnya terbelah.

  3. Kemudian, masukkan beras yang telah ditumbuk ini ke dalam panci. Tambahkan air kaldu ke dalamnya lalu masak di atas api sedang. Sembari dimasak, aduk terus beras ini sampai beras mulai matang dan agak mengental.

  4. Jika sudah agak kental, masukkan irisan ayam fillet ke dalamnya lalu aduk lagi. Tambahkan juga garam ke dalamnya dan aduk terus hingga ayam matang.

  5. Setelah beras matang, matikan api dan angkat. Lalu, Anda pun sudah bisa menyajikan bubur ayam Cina yang lezat dan menggoda selera ini. Caranya, cukup tuangkan dalam mangkuk. Lalu, tambahkan dengan bahan pelengkap lain, yakni taburan seledri, kucai potongan cakwe, kecap asin dan juga pangsit goreng. Agar terasa lebih nikmat, sajikan bubur ayam Cina ini selagi masih panas dan sajikan bersama dengan sambal tambahan cabai.


Selesai sudah proses pembuatan dan penyajian bubur ayam lezat khas dari negeri Cina ini. Anda pun sudah bisa menikmatinya bersama para keluarga, kerabat dan sahabat terkasih. Tak sulit bukan proses masak bubur ayam yang satu ini?


Membuat resep bubur ayam Cina sepertinya memang memerlukan proses yang cukup panjang. Tapi, jika dipraktekkan, prosesnya sebetulnya tak terlalu rumit. Aneka bahan dan bumbu yang diperlukan pun cukup sederhana dan mudah didapat. Hanya saja, memang Anda akan membutuhkan kesabaran ekstra dalam memasaknya.


Seperti proses pembuatan bubur lain yang juga memerlukan waktu lama, membuat bubur ini pun juga memerlukan waktu agak lama, terutama ketika mengaduk – aduk beras agar berubah menjadi bubur. Tapi, jika Anda bisa bersabar menikmati prosesnya, hasil bubur ayam ini pun akan terasa benar – benar nikmat.


Penasaran seperti apa rasa lezat dari bubur ayam Cina buatan Anda sendiri? Yuk segera praktek menuju dapur. Selamat mencoba dan selamat berkreasi ya.




[ad_2]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar